Jumat, 01 Juli 2011

Perlukah Minum Air Putih Sebelum Makan ?


Air putih sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi taukah Anda kapan waktu yang paling tepat untuk minum air putih ......?. Ada yang melakukan sebelum makan dan ada pula setelah makan, manakah yang paling baik.  Orang yang meminum air putih sebelum makan menganggap sebagai bagian dari diet karena dapat menguangi nafsu makan.

Sebenarnya meminum air putih sebelum makan tidak baik karena air yang diminum membutuhkan waktu paling sedikit 30 menit untuk mengalir dari lambung sampai ke usus. Apabila kita meminum air putih sesasat sebelum makan, maka air tersebut belum sempat turun ke usus dan ditambah dengan makanan, sehingga membuat enzim makin sulit untuk mencernanya.

Prof. Hiromi Shinaya MD, seorang pakar enzim  dan juga seorang guru besar di Albert Einstein College of Medicine, AS , menyarankan agar meminum air putih 1 jam sebelum makan. Cara ideal untuk mencukupi kebutuhan air putih adalah 1-3 gelas saat bangun tidur, 2-3 gelas pada pagi hari, 2-3 gelas sebelum makan siang dan 1 jam sebelum makan malam. (Sumber : Harmony - HD Magazine)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar